Kamis, 02 Juni 2011

SEO BEE7NET

Rangking adalah posisi penampilan website Anda di hasil search engine. Sebuah hasil pencarian yang ditampilkan oleh search engine disebut sebagai SERP (Search Engine Result Page). Nah, tujuan dari Anda melakukan atau belajar SEO adalah untuk menempatkan website Anda pada posisi hasil SERP pada keyword yang Anda inginkan.
Istilah keyword ini adalah sama dengan kata pencarian. Setiap Anda memasukkan kata pencarian di kotak google, maka kata-kata tersebut disebut dengan keyword. Baik kata pencarian yang dimasukkan hanya satu kata atau maupun berupa rangkaian kalimat.
Ada pepatah bilang “learning by doing” yang artinya belajarlah sambil mempraktekkannya.
Begitu juga dalam belajar SEO. Cara belajar SEO yang baik yaitu dengan langsung mempraktekannya di depan komputer. Anda dapat mempelajari SEO sambil membuat blog. Pada setiap materi, Anda ikuti dengan mempraktekkan langsung di blog Anda. Dengan begitu setiap detil materi yang Anda pelajari dapat dengan mudah Anda pahami dan tidak akan mudah lupa di ingatan.

Belajar SEO membutuhkan ketekunan yang tinggi karena mendapatkan posisi di halaman depan hasil pencarian search engine tentu tidaklah mudah. Apalagi idealnya sebuah blog atau website membutuhkan waktu paling cepat 3 bulan untuk menduduki posisi di halaman depan search engine. Tentu dengan perjuangan yang panjang, Anda harus sabar berlatih mengoptimalisasi blog Anda sampai berhasil.

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara belajar SEO yang baik, berikut ini disajikan beberapa teknik bagaimana SEO yang baik yang dapat Anda terapkan dalam blog Anda.

1. Dalam membuat alamat URL blog, Anda gunakan kata kunci sebagai elemen dalam pembuatan alamat URL blog. Jadi jika Anda ingin membuat alamat URL blog, Anda tentukan terlebih dahulu kata kunci utama untuk blog Anda
Berikut ini beberapa contoh yang dapat Anda lakukan dalam mempelajari teknik bagaimana cara belajar SEO yang baik khususnya dalam pembuatan alamat URL Blog.

* Ketika Anda akan membeli domain, pilihlah domain yang mengandung kata kunci blog Anda. Hal ini disebabkan nama domain yang mengandung kata kunci sangat diperhatikan oleh search engine dalam menampilkan hasil pencariannya. Sebagai contoh Anda ingin membuat blog tentang strategi dalam mencari penghasilan melalui internet. Kata kunci yang dapat Anda gunakan yaitu : monetize blog, pekerja dollar internet, mesin uang internet, kaya dari internet, mencari uang di internet, dan lain sebagainya. Dengan demikian nama domain yang dapat Anda gunakan misalnya :

http://monetize-blog.com

http://kaya-dari-internet.com

http://pekerja-dollar-internet.blogspot.com

http://mesin-uang-internet.wordpress.com

http://mencari-uang-diinternet.blogspot.com

Contoh penggunaan nama domain di atas dengan menyesuaikan kata kunci akan menjadi prioritas utama search engine dalam menampilkan hasil pencarian ketika ada pengguna internet yang mencari dengan kata kunci tersebut.

* Setelah Anda membuat nama domain, selanjutnya Anda buat sub domain yang tentunya mengandung kata kunci blog Anda. Misal Anda sudah mempunyai sebuah domain dan Anda tidak ingin membeli domain lagi, maka Anda dapat membuat sub domain dari domain Anda. Sebagai informasi, saat ini fitur membuat sub domain di berbagai hosting adalah gratis. Bahkan Anda dapat membuat sub domain tak terbatas (unlimited). Berikut ini contohnya :

http://affiliate-marketing.kaya-dari-internet.com

http://adsense.monetize-blog.com

* Selanjutnya Anda buat folder di belakang domain dengan nama kata kunci yang Anda inginkan. Perhatikan contoh berikut:

http://monetize-blog.com/tips-adsense/

http://kaya-dari-internet/tips-affiliate-marketing/

* Setelah penamaan alamat URL blog telah selesai Anda atur, langkah berikutnya Anda buat judul posting artikel dengan kata-kata yang mengandung kata kunci blog Anda tentunya. Contoh :

http://monetize-blog.com/tips-Adsense/cara_mendaftar_adsense.html

http://kaya-dari-internet/tips-affiliate-marketing/cara_mendaftar_clickbank.html

2. Langkah kedua yaitu setiap kali Anda memposting artikel, buatlah meta atau header tag blog Anda dengan baik. Pada halaman posting blog, selain Anda menulis artikel Anda juga disajikan beberapa pengaturan meta atau header tag. Jika Anda sudah mahir, Anda dapat langsung menambahkannya pada kode programnya. Beberapa meta atau header tag yang dapat Anda optimalkan antara lain :
* Title tag
Ketika Anda browsing pada pojok kiri atas browser, Anda akan melihat sederetan kalimat seperti sebuah judul artikel. Itulah yang dinamakan title tag. Dalam membuat title tag, Anda isi dengan kalimat yang mengandung kata kunci blog Anda. Title tag ini penting sekali peranannya dalam pencarian search engine. Berikut ini contoh pembuatan title tag :
Cara Mendaftar Google Adsense | Tips Adsense | Monetize Blog
* Tag description : berisi mengenai penjelasan blog/postingan artikel Anda. Anda dapat menambahkan satu dua kalimat yang di dalamnya mengandung kata kunci blog Anda. Berikut ini contohnya :
* Tag keyword : Sesuai dengan namanya, tag ini berisi mengenali sederetan kata kunci yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan blog Anda. Perhatikan contoh berikut ini.
* Tag alternate : digunakan untuk menginformasikan halaman blog Anda dalam format lain. Silahkan Anda perhatikan contoh kode HTML berikut ini.
* Tag author dan copyright
Tag author dan copyright digunakan untuk menandai nama pengarang dan hak cipta yang biasanya ditulis dengan tahun pembuatan dan alamat website. Berikut ini contoh penerapannya.

3. Setelah Anda mengoptimalisasi alamat url blog dan beberapa kode html blog, maka selanjutnya Anda memfokuskan dalam pengembangan konten blog. Dalam membuat konten blog, Anda buat judul dan isi artikel yang berisi kata kunci blog Anda. Kemudian sebarlah kata kunci-kata kunci tersebut secara acak ke dalam konten/artikel blog Anda. Namun pastikan kata kunci yang Anda sebar saling berhubungan dengan konten blog Anda. Jika kata kunci yang Anda sebar tidak berhubungan dengan konten maka dapat berakibat fatal bagi blog Anda karena search engine akan menganggapnya sebagai spam.

4. Kembangkanlah konten blog Anda dengan artikel-artikel yang baru, informasi yang menarik dan bermanfaat agar trafik pengunjung blog Anda meningkat. Mengembangkan konten blog adalah suatu keharusan jika blog Anda tidak ingin ditinggalkan pengunjung blog Anda. Dengan adanya konten blog yang segar, menarik dan bermanfaat akan membuat pengunjung menjadi setia kepada Anda dan tidak segan-segan untuk mereferensikan blog Anda ke orang lain. Ini adalah poin terpenting dalam SEO yang baik karena kebanyakan blogger malas dalam membuat konten yang segar, menarik dan bermanfaat.

5. Langkah kelima yaitu membuat banyak link. Untuk membangun aliran trafik blog, silahkan Anda perbanyak link yang menuju blog Anda maupun link yang keluar dari blog Anda. Ada dua macam link yaitu link internal dan link eksternal.

* Link Internal : merupakan link yang berada pada blog Anda sendiri, biasanya link ini berupa link ke website/blog lain ataupun berupa link antar artikel. Semakin banyak link dalam blog Anda maka semakin kuat posisi blog Anda di mata search engine.
* Link Eksternal : merupakan link alamat url blog Anda yang berada pada website/blog orang lain. Eksternal link sering disebut juga dengan backlink. Ada berbagai cara untuk membangun sebuah backlink, diantaranya yaitu dengan tukaran link, memberikan komentar pada blog lain, mendaftarkan blog Anda di social bookmarking, dan lain sebagainya. Dengan semakin banyak backlink yang menuju ke blog Anda, maka semakin banyak pula trafik pengunjung blog yang akan Anda dapatkan sehingga lambat laun blog Anda dapat menduduki di halaman depan hasil pencarian search engine.

6. Langkah terakhir dalam SEO yang baik yaitu membuat peta situs/sitemap. Sitemap dibuat untuk memudahkan pengunjung dalam menjelajah blog. Sitemap dapat Anda buat dengan bantuan tools google sitemap generator. Dengan bantuan tools ini, sebuah sitemap dapat Anda ciptakan dalam hitungan detik.
 SUMBER : http://realworldbusiness.com/indonesia/carabelajar-seo/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar